Selain tes tertulis, dalam tahapan rekrutmen sebuah perusahaan baisanya terdapat juga tes FGD atau Focus Group Discussion terakadang ada juga tes LGD (Leadership Group Discussion). Tes FGD ini sering dipakai untuk rekrutmen tingkat pemula (biasanya program Management Trainee atau sejenisnya).  Meskipun biasanya tidak sesulit tes tertulis, tapi banyak peserta yang gagal menghadapi tes FGD.

ADVERTISING

tips-lolos-fgd

Tes FGD sendiri sebenarnya berupa penilain terhadap kemampuan kita dalam menghadapi sebuah diskusi terhadap sebuah kasus tertentu untuk mendapatkan solusi. Untuk lolos tes ini sebenarnya tergantung dari kriteria dari observer yang biasanya ditentukan oleh perusahaan yang membuka lowongan. Sayangnya dalam tes FGD ini, kita tidak pernah tahu kriteria yang diinginkan. Oleh karena itu, ada 5 tips lolos FGD yang bisa kalian coba.

1. Penampilan menarik

Dalam dunia kerja, penampilan itu sangat penting. Oleh karena itu, walaupun masih tahapan tes FGD, sebaiknya berpakaian yang menarik. Apalagi, lowongan kerja yang dibuka untuk posisi sales atau yang berhubungan dengan manusia.
2. Jangan arogan dan mau menang sendiri

Di dunia kerja kepintaran individu memang penting, tapi di dunia kerja yang dicari bukanlah superman melainkan super team. Oleh karena itu, sampaikan ide kalian dengan jelas dan hargai ide dari orang lain.  Jangan terlalu mendominasi dan mau menang sendiri dalam diskusi dan sebaiknya terbuka menerima pendapat pihak lain.

3. Berpikir dahulu sebelum berbicara

Dalam FGD pastinya setiap peserta akan mendapatkan giliran untuk bicara. Sebelum bicara untuk mengemukakan pendapat sebaiknya dipikir terlebih dahulu, jangan asal bunyi. Cari permasalahan dari kasus yang diberikan dan berikan solusi terbaiknya, tentu saja jika ada teori yang mendukung bisa diungkapkan supaya kita gak asal berteori.

4. Fokus terhadap kasus yang diberikan

Banyaknya orang yang berpendapat membuat arah diskusi menjadi tidak jelas. Oleh karena itu, pahami kasus yang diberikan dan fokus terhadap solusi yang diminta karena dalam tes FGD ini terdapat batasan waktu.

5. Berbicara tegas, jelas dan padat.

Tidak masalah, kita hanya berbicara sebentar, namun yang kita ucapkan mengandung ide yang solutif dari kasus yang diberikan dan mampu untuk mengarahkan arah diskusi.